Pages

Empal Gentong, Kuliner Spesial Kota Cirebon

Bagi yang tengah berniat untuk menikmati perjalanan balik ke ibukota, dan tengah berada di kawasan Cirebon, sempatkan diri untuk mencicipi kuliner khas kota udang ini, lewat sajian empal yang berupa potongan daging sapi dan kuah rempah-rempah.
Sejak lama, kota Cirebon dikenal kaya kuliner. Selain nasi lengko dan nasi jamblang, ada lagi kuliner khas yang sangat populer di kota ini yaitu, empal gentong.
Bisa dibilang, empal merupakan salah satu makanan wajib yang diburu pemudik saat berada di kota Cirebon.
Kalangan pemudik sangat dimudahkan untuk mencari rumah makan dengan menu empal gentong, karena hampir disetiap rumah makan atau kedai makanan selalu menyajikan menu khas ini.
Sebut saja misalnya Rumah Makan Empal Gentong Haji Apud, yang sudah berdiri sejak tahun 1995 lalu. Rumah makan ini selalu ramai di datangi pengunjung saat jam makan siang tiba.
Para pengunjung silih berganti berdatangan mulai pagi hingga malam hari, hanya untuk membuktikan rasa penasarannya akan kenikmatan empal gentong.
Kalangan pecinta kuliner nusantara tentu sangat familiar dengan makanan khas masyarakat Cirebon yang memiliki kemiripan dengan gulai ini.
Dalam pembuatannya, empal gentong dimasak dalam gentong dan menggunakan kayu bakar. Konon, cara memasak dalam gentong tanah liat akan membuat makanan menjadi lebih sedap. Karenanya, menu kuliner ini dinamakan empal gentong.
Sementara itu, untuk daging yang digunakan adalah daging segar terbaik yang dihasilkan langsung dari tempat pemotongan hewan sapi yang ada di Cirebon.
Keempukan daging sapi dalam setiap porsi empal gentong terasa sangat pas, karena para pedagangnya sudah memasak daging sapi pilihan ini selama beberapa jam sejak dini hari.
Tak mengherankan jika banyak pengunjung, utamanya kalangan pemudik yang mampir di Cirebon, selalu menikmati menu kuliner kota wali songo ini.
Nah, supaya momen libur lebaran dan perjalanan balik ke Jakarta semakin menyenangkan, tak salah kiranya jika menyempatkan diri untuk menikmati sajian menu kuliner yang satu ini.

Rumah Makan Empal Gentong H. Apud
Alamat Jl. Raya Ir. H. Djuanda No.24 Battembat - Tengah Tani Cirebon
Phone : 0231 - 211 055
Ibu Eroh : 087728773322
Pak Haji Apud : 082115337650

http://www.empalgentonghajiapud.com

@empalhajiapud

0 comments:

Post a Comment