Pages

RUMAH MAKAN EMPAL GENTONG H. APUD

Wisata Kuliner Makanan Khas Cirebon


Rumah Makan Empal Gentong H. Apud

Alamat Jl. Raya Ir. H. Djuanda No.24 Battembat - Tengah Tani Cirebon
Phone : 0231 - 211 055
Ibu Eroh : 087728773322
Pak Haji Apud : 082115337650

  

Bila berkunjung ke Cirebon belum lengkap rasanya bila belum mencicipi kuliner khas kota ini. Salah satu kuliner yang khas dan sangat populer di kota Cirebon adalah Empal Gentong. Sebetulnya tidak sulit mencari Rumah Makan dengan menu Empal Gentong di kota Cirebon, karena hampir di setiap sudut kota Cirebon setiap Rumah Makan atau Kedai Makanan selalu menyajikan menu ini, Namun ada salah satu Rumah Makan yang cukup populer dikalangan masyarakat Cirebon ataupun orang orang dari luar kota Cirebon yaitu RUMAH MAKAN EMPAL GENTONG H. APUD.
 
Untuk menuju ke Rumah Makan ini mudah sekali, dari Stasiun Kejaksan CIrebon cukup satu kali naik angkutan umum dengan waktu tempuh sekita 20 menit. Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi juga tidak susah mencari Rumah Makan ini karena letaknya yang strategis di jalan utama menuju Cirebon Kota.

Rumah Makan Empal Gentong Haji Apud berdiri sejak Tahun 1995 oleh H. Machfud ataua yang lebih akrab disapa H. Apud. Rumah Makan Empal Gentong Haji Apud ini ramai sekali di datangi pengunjung saat jam makan siang tiba. Selain pengunjung yang berasal dari kota Cirebon sendiri, pengunjung dari luar kota Cirebon juga tak kalah banyaknya. Terutma saat arus mudik dan arus balik lebaran tiba. Rumah Makan Empal Gentong Haji Apud buka mulai Pukul 09.00 s/d Pukul 21.00. Tempatnya cukup luas, sanggup menampung 130 pengunjung. Beberapa artis ibu kota dan Pejabat Pemerintahan pernah pula mampir ke Rumah Makan Empal Gentong Haji Apud diantaranya Bapak. Dede Yusuf, Rano Karno, Bapak Mentri Perumahan Rakyat Djan Faridz dan masih banyak lagi. Kunjungan para artis ibu kota dan Pejabat Pemerintahan menjadi kebanggan tersendiri untuk Rumah Makan Empal Gentong Haji Apud.

Untuk Empal Gentong sendiri pastilah sudah tidak asing lagi di telinga pecinta kuliner Nusantara. Empal Gentong adalah makanan khas masyarakat Cirebon Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan Gulai, dimasak dalam gentong dan menggunakan kayu bakar. Daging yang digunakan adalah daging segar terbaik yang dihasilkan langsung dari tempat pemotongan Hewan Sapi yang ada di sekitar daerah Battembat Tengah Tani Cirebon. Keempukan Daging Empal Gentong Haji Apud sangat pas karena sudah di masak berjam jam dari mulai Pukul 04.00 subuh hingga bisa menyajikannya pada Pukul 09.00 Pagi. Empal Gentong di sajikan dengan daun kucai, bawang goreng dan bagi yang suka pedas yang khas dari empal gentong adalah cabe kering giling racikan Haji Apud sendiri.

Selain Empal Gentong, Rumah Makan Empal Gentong H. Apud juga menyajikan Empal Asam. Berbeda dengan Empal Gentong yang lebih dahulu populer dan menggunakan santan, Empal Asam berkuah bening. Penyajiannya dengan irisan tomat, daun bawang dan belimbing wuluh atau belimbing keris sehingga rasanya agak asam dan segar. Untuk menambah kenikmatan dalam menyantap Empal Asam ini bisa dengan menambahkan Sambal Hijau Cabe Rawit. Yummmmyyy.......Selain dua menu utama yang berkuah tadi, Rumah Makan Empal Gentong Haji Apud juga menyajikan menu tambahan yaitu Sate Kambing Muda. Pada Dasarnya Sate Kambing Muda Haji Apud tidak jauh berbeda dengan Sate Kambing pada umumnya. Yang membuat Pengunjung ketagihan untuk datang kembali ke Rumah Makan Empal Gentong Haji Apud adalah karena dagingnya yang sangat empuk. Tidak ada Rahasia khusus dari Haji Apud mengapa sate Sate Kambing Muda nya terkenal sangat empuk, karena hanya menggunakan daging Kambing yang berumur 3/4 bulanan.


Untuk menikmati semangkok Empal Gentong atau Empal Asam plus sepiring Nasi Putih dan Teh Tawar Hangat anda cukup merogoh kocek Rp. 21.000 saja. Sedangkan untuk satu porsi Sate Kambing Muda Haji Apud mematok harga Rp.25.000 untuk Sate biasa menggunakan lemak dan Rp. 30.000 untuk Sate polos tanpa lemak. Berkunjung Ke Cirebon silahkan mampir ke Rumah Makan Empal Gentong Haji Apud anda akan merasakan Cita Rasa yang berbeda dari Empal Gentong, Empal Asem, dan Sate Kambing Muda nya.



Rumah Makan Empal Gentong H. Apud
Alamat Jl. Raya Ir. H. Djuanda No.24 Battembat - Tengah Tani Cirebon
Phone : 0231 - 211 055
Ibu Eroh : 087728773322
Pak Haji Apud : 082115337650

http://www.empalgentonghajiapud.com

@empalhajiapud